TIPS MENGHADAPI TES KESEHATAN / MEDICAL CHECK UP

Tips Menghadapi General Medical Check Up

Tes Kesehatan atau medical check up test, masih menjadi andalan beberapa perusahaan untuk menentukan calon karyawan yang akan direkrutnya. Tes tersebut sekaligus menjadi ganjalan dan kekhawatiran sendiri bagi calon karyawan, terutama yang selama ini merasa tidak menjalankan hidup yang sehat.

tes kesehatanKebiasaan hidup sehat memang mutlak dilakukan bagi orang yang ingin lolos dalam tes kesehatan terkait dalam pencarian pekerjaan idaman. Untuk memperbaiki kondisi kesehatan, tidaklah bisa secepat kilat, minimal dibutuhkan waktu sebulan persiapan sebelum tes kesehatan. Itupun tidak maksimal, karena bagaimanapun gaya hidup sehat akan tercermin pada tubuh kita. Tapi setidaknya kita mempersiapkan tes kesehatan itu daripada tidak sama sekali.

Beberapa tes kesehatan yang biasa dilakukan oleh perusahan dalam rekrutmen:

Tes Kesehatan

  • Tensi/tekanan darah. Dalam pemeriksaan tekanan darah ini tak dapat cukup banyak cara untuk mengakalinya. Istirahat yang cukup di malam harinya/ tidak begadang, lumayan bisa menstabilkan tekanan darahmu. Sedangkan tekanan darah yang normal adalah 120/80. Mentimun bisa membantu menurunkan tensi yang tinggi. Sate kambing, sebaliknya.
  • Tes Urin. Banyak kandungan yang akan di tes dalam urin, cara untuk mengakali tes ini cukup mudah. Minumlah air putih sebanyak mungkin dan sesering mungkin. Hindari minum obat-obatan ataupun multivitamin yang tidak diperlukan. Urin kandidat akan diuji warnanya, kandungan keasaman serta gizi yang terkandung/terbawa keluar bersama urin. Selain itu juga diperiksa zat-zat yang terbawa oleh urin tersebut (memeriksa kemungkinan consumer alkohol/narkoba)
  • Tes darah. Dalam tes ini juga tidak ada cara untuk mengakalinya. Selain minum air putih yang banyak, juga konsumsilah jus buah dan sayur yang banyak. Yang berkaitan dengan tes darah ini adalah tes gula darah puasa, tes gula darah 1 jam sehabis makan, tes laju endap darah, tes jumlah trombosit dan teman-temannya. Selain itu darah tersebut juga akan dicampuri zat-zat untuk menguji kesehatan kandidat apakah terjangkit virus atau tidak (hepatitis A B C, HIV, dsb)
  • Rontgen. Tes ini mungkin menjadi menakutkan bagi para perokok (aktif dan tak terkecuali pasif). Tapi tenang saja umumnya perusahaan tak mempermasalahkan kamu perokok atau bukan, yang penting paru-paru mu tak terserang penyakit ganas, semacam kanker, TBC, ataupun radang. Bagaimana mengakalinya? bukan rahasia umum lagi, minumlah soda/minuman bersoda 3-5 hari sebelum pemeriksaan, sebanyak mungkin, kurang lebih 1,5 liter perhari. Hal ini dilakukan supaya paru-parumu terlihat bersih pada hasil rontgen. Ya gitu deh kandidat disuruh berdiri dengan dada menempel di besi, kemudian disuruh berkacak pinggang dan ditembak dengan sinar dari belakang. Asalkan gak tidak memiliki penyakit kronis, aman.
  • Tes Audiometri. Atau tes pendengaran. Biasanya kita akan diperiksa dengan menggunakan headset, yang nantinya akan mengetes telinga bagian kanan dan kiri dalam merespon suara dengan tingkat desibel yang runtut. Untuk mengakali tes ini cukup dengan menjauhi sumber bunyi yang keras (konser musik, speaker yang keras,keramaian, dlsb) 24 jam sebelum diadakan pemeriksaan. Di BUMN raksasa Pertamini (Persero) terdapat tes ini, kandidat akan dimasukkan ke dalam sebuah kotak dengan peralatan tes (semacam headphone dan sebuah tombol) yang kemudian kandidat harus menekan tombol setiap mendengar bunyi apapun (tit tit tot tet cess ngok titit dll). Volume suaranyapun berbeda-beda, semakin lama semakin mengecil, untuk membaca pengalaman tes BPS Pertamini DISINI
  • Tes Fisik. Tes ini biasanya dilakukan oleh dokter dengan memeriksa bagian fisik kita secara menyeluruh, dari ujung kepala hingga ujung kaki, meliputi, pemeriksaan fisik mata, gigi dan mulut, kerongkongan, denyut jantung, abdominal (perut), hingga kondisi kesehatan anus. Tak perlu malu dalam menjalani tes yang satu ini, karena dokter yang memeriksa pasti akan disesuaikan dengan gender kita masing-masing.
  • Tes Visus Mata. atau tes penglihatan jauh. Kita akan dihadapkan pada tes kemampuan mata kita unutk melihat jauh, biasanya menggunakan kartu Snellen berupa susunan huruf-huruf yang bervariasi ukurannya. Apabila kamu menggunakan kaca mata/lensa kontak, tak perlu cemas, karena tes ini bukan mengukur bisa atau tidak kamu membaca huruf-huruf tersebut, hanya mencocokkan kondisi kesehatan mata kamu saat ini. Cara mengakalinya  yaitu dengan menghapalkan beberapa susunan huruf terlebih dahulu, terutama saat kamu mengantri menunggu giliran untuk pemeriksaan.
  • Tes buta warna dan penglihatan dekat.Tes ini biasanya menggunakan sebuah buku khusus, dengan warna-warna, dimana dalam setiap gambarnya tersembunyi angka tertentu. Tes ini tentunya tak bisa diakali, karena ini terkait dengan kondisi mata anda sendiri.

Berikut ini tips umum yang mesti dilakukan sebelum tes kesehatan:

  1. Perbanyak konsumsi sayur dan jus buah (2 minggu sebelum jadwal test kesehatan). Jus jambu/apel/mangga (jangan alpukat). Tiap makan siang usahain selalu ada sayurnya, beli kalau gak ada.
  2. hindari makanan pedas dan makanan berlemak (kolesterol) dan gorengan, (1 minggu sebelum jadwal test kesehatan)
  3. Perbanyak minum air putih, minimal 3 liter sehari. Air putih akan memudarkan konsentrasi senyawa yang tidak baik di dalam tubuh.
  4. Minum susu, minimal 1 gelas tiap hari (merek Nestle “Bear Brand”)
  5. Berolahraga, cukup dengan jogging tiap hari 10 – 15 menit selama 2minggu
  6. Hindari rokok, obat-obatan jenis apapun, alkohol (1 minggu sebelum tes)
  7. Tidur minimal 8 jam sehari (maksimal pukul 22.00), dan tidak begadang (1 minggu sebelum tes). Agar peremajaan sel/jaringan menjadi maksimal
  8. Usahakan badan anda sehat walafiat saat tes kesehatan. Tidak batuk tidak pilek tidak sakit.
  9. Yakin, berdoa, dan berserah diri pada-Nya, Insyaallah lolos medcheck, amin.

Selamat memulai gaya hidup sehat

Semoga bermanfaat

Best Regards

 

Tips rahasia terkait

BACA JUGA: TIPS SUKSES WAWANCARA KERJA

TAHAPAN SELEKSI PPS BRI

About opinshare

Hidup ini terdapat banyak sekali kemungkinan, dan karenanya kita menjadi berharap. Jangan pernah ada niat atau fikiran untuk lelah dan berhenti berusaha mendapatkan kemungkinan yang terbaik. Karena manusia hanya perlu tahu cara untuk berusaha, dan cara untuk tak pernah berhenti, apapun hasilnya.

Posted on November 23, 2011, in LIFESHARE. Bookmark the permalink. 72 Komentar.

  1. Terimakasih…

  2. abdul bashir

    thank’s for article,., :)

  3. Makari maz atas info.ny.
    Ini b.manfat bwt sya.

  4. CARA MENHADAPI RENTGEN YG EFEKTIF GMN SHH
    SY KOK GAGAL TRUS MCU

    • gagalnya karena apa bro? tahukah anda tentang paru2 anda sendiri?
      jika belum, silakan check up dulu di lab klinik
      sebagai rekomendasi lab cukup bagus adalah PRODIA atau CITO atau mana aja lah
      kl uda tau masalahnya apa, silakan menjalani proses penyembuhan atau terapi baik medis maupun tradisional
      setelah menempuh itu, silakan lakukan cek lab secara berkala 3bulanan atau 6 bulanan
      lakukan dengan ikhlas untuk diri sendiri, bukan semata untuk nyari kerja aja, tapi demi kesehatan di masa
      tua dimana daya menahan sakit kita waktu tua dan muda tu jauh beda,,, mari hidup lebih baik.
      semoga post ini memberikan sedikit sumbangan untuk anda

  5. Ok trimakasih ataz infonya kak…..
    … hehehehe

  6. tanya dong
    – itu yang Rontgen minum soda/minuman bersoda 3-5 hari sebelum pemeriksaan, sebanyak mungkin, kurang lebih 1,5 liter perhari. itu serius bisa?
    – olahraga jogging itu beneran boleh? katanya olah raga berat juga gak boleh ya

    • yang rontgen paru paru selama paru-paru tidak kena penyakit kronis seperti bronkitis/kanker, metode itu soda dan air putih manjur banget bro

      -jogging ntu untuk menaikkan tensi, dan larangan olahraga berat karenatar bisa ketinggian tensinya. yg normal yg terbaik.

  7. GMANA EA NAGDEPIN TEST ,, SEDANGKAN SAYA SEORANG WANITA YANG BARU SAJA MENGALAMI SIKLUS BULANAN,, ???

    • siklus bulanan gak ngefek pada medikal cek up. Baiknya anda cek up dulu di klinik terpercaya, sebelum menjalani tes medikal. di klinik biasanya ada fasilitas konsultasi gratis jika uji lab. biasanya yang di cek, tes darah, ronsen paru2, gula, kolesterol dan lain2 (tergantung paket cek lab yg dipilih). biaya bervariasi, sekitar 200rb – 500rb

  8. ngakalin’a gmana ???

  9. sangat bermanfaat

  10. Defri Andrian

    kk, saya buta warna. apakah itu satu halangan untuk saya tdk lulus dalam mendapatkan pkerjaan di perusahaan?? tlong jg sbutkan hal apa saja yg mnghalangi untk tdk di terima di perusahaan secara medis?? terimakasih.

    • teman saya ada yg buta warna, dan sepertinya memang tidak bisa ditanggulangi. akhirnya teman saya itu mengubah proyeksinya menjadi enterpreneur. tp tak ada seorangpun yg berhak memutuskan, semua ada ditangan km. diperusahaan bonafid BUMN terutama perbankan, mereka menuntut kesehatan yg bnr2 prima.
      untuk penghambat lolos medcheck macem2, tp yg uda kelas berat:
      1. mata minus lebih dari 4 (kelainan mata ada standar minimum)
      2. kanker, jantung koroner, TBC, hepatitis, aids, diabetes, kolesterol tinggi, asam urat tinggi
      3. cacat fisik, komposisi sel darah,, urin: narkotika? miras? 0 possibility
      4. beberapa perusahaan menghendaki standar tinggi badan/BB
      5. dan lain2, variatif tergantung perusahaan masing2
      NB dr penulis: penentu terakhir tetap yang Di Atas. semangat

  11. aku prnh gak lolos Di bank mandiri .tapi gak tau papa sakitnya.apa mgkn masalah keputihan pada wanita kendalanya?krn setau saya saya .dk mempunyai penyakit serius

  12. keputihan tidak terlalu menghambat test medcek neng. Mungkin belum pernah ane share, tapi for ur information: lolos tes kesehatanpun tidak menjamin 100% seseorang akan dinyatakan lolos kesehatan. hal ini bisa terjadi karena faktor adanya rangking/kuota peserta/calon pegawai . juga karena faktor luck/hoky. Semoga bermanfaat

  13. alhamdulillah sangat bermanfaat .
    thanks :)

  14. Tes darah itu termasuk tes b24 (tes untuk hiv dan aids) atau tes darah itu hanyabyg umun2 saja

    • tergantung neng, seberapa tingkat jaminan kesehatan yang akan diberikan kepada pegawai. untuk medcek pegawai kontrak mungkin tidak sedetil itu, tapi kl level staf/management trainee (ODP PPS PCPM dll) tes darah dan semuanya bersifat keseluruhan, budget medcek lumayan besar, jd kl yang hemoglobinnya rendah saja rejected, masa yang kena HIV malah lolos? trims to visited

  15. Kalau ada kista bs lolos gak ya?

    • bisa aja lolos kalau beruntung alias bejo. Tapi kalau sampai ketahuan/kedetek, ya kemungkinan mereka memilih yang lebih sehat. sebagai contoh di mandiri untuk level staff/officer, mereka lebih rela mengambil 0 karyawan dari 2000an peserta jobfair, untuk pindah kota seleksi lagi,,, daripada harus menerima karyawan yang tidak qualified. (info dari HRD bank mandiri, 2011 hasek)

  16. selain penyakit, apa aja yang bisa buat kita gagal di MCU?
    sya mempunyai gen darah rendah, pengaruh kah ?

    • penyebab gagal tu tensi ketinggian/kerendahen,, abis minum obat/alkohol,, sering begadang sebelumnya, gak rejeki jg bs gagal mcu. kl gen darah rendah silakan tanya pada yang ahli saja, krn setau saya poin itu tidak pernah disebut dalam indikator mcu. posting saya berdasar pengalaman mcu, thx for u visited

  17. Gak kedetek itu maksudnya.. Oleh USG atau tim HRD nya ya?karna saya jg baru tau pas USG kalau ada kistanx karna memang gak merasa…huhu.. Jadi galau segalau galaunya deh…

    • tidak semua job di indonesia, memakai usg dalam medceknya. seperti kementrian2 pns, beberapa mdp/odp tidak segitunya harus di USG. tapi kalau sampean masih ragu, mendingan konsul dulu sama dokter, gimana enaknya. Yang jelas tidak semua job pake USG

      • Kalau 130/90 tekanan darahnya bisa dikatakan failed ga mbak? Kebetulan abis medcek mandiri. Trims

      • Tekanan darah tinggi terjadi bila terus-menerus berada pada 140/90 mmHg (diastolik) atau lebih.NB: normal adalah sistolik (bacaan atas) 100–140 mmHg dan diastolik (bacaan bawah) 60–90 mmHg (pengukuran saat istirahat/tidak kontraksi)

  18. Wah ane kemarin med check up tinggi amat 155/100 gimana ntuh.?

  19. Mau tanya dong. Kan ikut test seleksi pegawai bumn angkasa pura. Posisi lamarannya itu accounting. Test yg lain udah lulus sekarang tinggal tunggu test kesehatan, kalo mau test kesehatan fisik itu gimana yah? Kalo punya tatto bisa lulus atau nggak? Diprosedur / persyaratannya nggak dicantumin.

    • test kesehatan fisik? atau tes kebugaran fisik? kalau tes kesehatan fisik isinya seperti posting saya itu. Kalau tes kebugaran fisik biasanya disuruh lari 4x lapangan bola 400×4=1,6km, kalau standar cowok selesai pada 12 menit. Kalau mengacu pertanyaan tentang tatto itu berarti pemeriksaan fisik menyangkut TB/BB tekanan darah, jantung, paru-paru, mata, telinga dll. Tipsnya ada di posting saya. kalau tatto biasanya akan menimbulkan image/estimate/praduga yang kurang berpihak bagi yang punya tatto (meskipun tidak dicantumkan). Apalagi jika kandidatnya masih banyak, sehat-sehat pula, sementara quota posisi yang dilamar sangat terbatas. Tentunya bargaining power si empunya tatto menjadi semakin redup. Analoginya demikian, namun tetap yakini bahwa rejeki sudah ada yang mengatur dan tidak akan tertukar. Terimakasih sudah berkunjung dan salam sukses

  20. taufik hidayat

    kalau yang giginya banyak yang berlubang, itu gimana tes kesehatan fisiknya?

    • Tergantung standar employer/yang belanja pegawai. Sebaiknya ditambal dulu tu lubang-lubang, biar gak gagal hanya gara-gara gigi berlubang yang biaya penambalannya tidak semahal rasa kecewa uda jauh-jauh sampai tes medcek tapi gagal. Terima kasih telah berkunjung

      • Jadi kalo minus lebih dari 4 udah pasti gak bakal lolos mcu ? Meskipun hasil pemeriksaan yang lainnya bagus ?

      • Sekali lagi tergantung perusahaannya. Kalau rekrutmen nya tidak menggunakan sistem gugur, bisa jadi mata minus 4 akan di pertimbangkan melihat aspek lain. Tapi kalau perusahaannya seperti BUMN perbankan, perusahaan energi negara, instansi independen negara, sepertinya memang tidak bisa karena mereka menggunakan sistem gugur untuk setiap item yang dites. Tapi kembali lagi pada yang Di Atas, sang pemilik rizki. Analisa manusia tidak bisa 100% akurat, seringkali ada faktor keberuntungan/ketidakberuntungan di dalamnya. FYI, teman saya ada yang bekerja di perusahaan asing HRD consultant yang cukup bonafid. Dia minus lebih dari 4, tapi diterima kerja di sana, dengan gaji dan kesempatan yang jauh lebih baik. Contoh lain, pengidap hepatitis (terlepas masalah penyembuhan), tapi dia diterima di MT perusahaan listrik di Indonesia. Alangkah baiknya segala kekurangan itu, diminimalisasikan dulu, entah gimana caranya. Kemenangan mencintai persiapan (The Mechanic). Salam sukses

  21. mbak, mau tanya, kalo setiap ecg tulisanya selalu abnormal heart rithym itu gimana ya?tapi kata dokter umum gpp…cuma kenapa selalu gitu ya hasil tesnya? ada ga tips nya biar bisa jadi normal?

    • Tensi darahnya bagaimana? Artinya ritme denyut jantung kurang normal dari biasanya. Hal ini bisa disebabkan oleh kelainan jantung, Keturunan, atau bisa jadi karena memang gawan lahir. Untuk memastikan bahaya atau tidaknya, sebaiknya melakukan uji laboratorium. Untuk detailnya lebih lanjut silakan konsultasi pada dokter. Kalau dokter bilang gpp gpp terus tanpa memberikan klarifikasi keanehan itu, lebih baik anda cari dokter spesialis jantung yg lebih kompeten. Dalam gaya hidup modern, kelainan kesehatan apapun lebih baik diketahui sedini mungkin. Salam sehat

  22. untk test kesehatan d perusahaam bumn kalau tensinya 140/90 itu masih normal gk ya mbk?? Mhon bntuannya

    • Mas aja kali ya, hehe. itu kurang bagus, dikurangi dulu aja tensinya. banyak makan mentimun, kurangi daging2an dan lemak dan minyak. sistolik 140-159 itu normal tinggi/hipertensi derajat 1. diupayakan agar kurang dari 140. Terimakasih telah berkunjung, salam sukses

  23. makasih ya artikel nya ,izin copas ke tugas ku

  24. mau tanya gan. dalam medical cek up ada tes keperjakaan tidak?

    trimakasih gan… :D

    • :D :D :D :D bkakakakakakakakakak
      belum pernah ada. dan gak akan pernah ada.
      Kl tes keperawanan baru ada bro, biasanya pas medcek tes masuk kemiliteran

  25. Mau tanya, saya ada lipoma (tumor jinak) di punggung sebelah kiri. Kata dokter tidak usah dioperasi selama tudak mengganggu, jadi saya biarkan saja. Untuk rontgen kedetek ato g ya? soalnya mau medcek.. makasih

    • tes medcek apa bro? kl perbankan masih sangat bisa lolos kl cuma itu ganjalannya. Kalau militer, agak berat. kl perusahaan swasta, saya pikir masih bisa, dengan catatan yang lainnya baik-baik saja. Untuk lebih amannya silakan diobati baik secara medis maupun alternatif. Saya kira saran dokter anda tersebut cenderung kurang profesional. Setiap orang berhak mencapai kesehatan semaksimal semampunya.

  26. halo , saya sudah mengikuti MCU di salah satu kantor akuntan asing..dari hasil MCU diketahui Bilirubin Total 2.2, Bilirubin Direct 0.7, Bilirubin indirect 1.5. Hemoglobin 11,7, SGOT saya 12, SGPT 15, Gamma GT 26,kolesterol 135, gula darah puasa 87,..jenis kelamin pria..sekilas ada kenaikan di nilai bilirubin, nah dari pengalaman dokter, kira2 kasus seperti saya apa bisa lulus medical check up suatu perusahaan? angka yang lain normal apakah sifatnya serius? Terima kasih balasannya

    • Terimakasih atensinya pak budi D. Sebenarnya suatu seleksi kerja dikategorikan menjadi 2: sistem gugur, dan sistem kompetisi. Sistem gugur apabila hasil suatu tahapan tes tidak dapat dipengaruhi tahapan yang lainnya. Jadi tidak dapat serta merta disimpulkan/diprediksi suatu kelulusan/kegagalan MCU. Yang perlu digaris bawahi: standar MCU suatu perusahaan berbeda-beda, belum lagi dipengaruhi oleh posisi serta jobdesc yg dilamar. Namun setau saya, untuk kelemahan biasa seperti tekanan darah, jantung, pernapasan, kolesterol, asam urat, SGOT SGPT selama tidak dijangkit virus(selama pernyimpangan skor tidak extrem) masih bisa lolos dengan mudah. Yang jelas-jelas akan menggagalkan adalah kelainan-kelainan kesehatan yang bersifat permanen/oleh virus/cacat/kelainan ringan tp nilainya ektrim, E.g: HIV, Hepatitis, penyakit jantung, TBC, epilepsi, over weight ekstrim, buta warna, cacat organ, penyakit kulit yg berlebihan (indikasi penyakit dalam yg serius walaupun tidak dideteksi saat MCU). Penyakit demikian tentu tidak bisa lolos karena perusahaan tidak pernah tidak serius dalam melakukan investasi jk panjangnya (belanja karyawan). Untuk hasil tes anda cenderung aman, saya sarankan diskusikan pada org dibidangnya. Salam sukses

      • Biasanya penyakit hati yang bisa menggagalkan seseorang lolos mcu itu apa pak? Apakah hanya diukur dari nilau Bilirubin Total, Bilirubin Direct, Bilirubin indirect, SGOT, SGPT, dan gamma GT? terima kasih balasannya

  27. selamat sore…nama saya luis..saya mempunyai gejala yang sama dengan pak budi..sejak kecil saya menderita anemia hemolitik, di mana jumlah sel darah merah diproduksi berlebih dan hancur sebelum waktunya..sehingga produksi bilirubin saya meningkat.. tensi saya 130/80..hasil pemeriksaan terakhir di CITO Bilirubin Total 2.18, Bilirubin Direct 0.6, Bilirubin indirect 1.58..hemoglobin saya 11.3 (normal 13.2-17.3)..Nilai MCV saya 58.7 (normal 80-100), nilai MCH saya 20.2 (normal 26-34)..jenis kelamin saya pria, usia 27 tahun..tes darah lain normal dan baik..besok jumat saya akan MCU di hal*burton..apakah dengan kondisi saya kira-kira saya bisa lolos?mohon analisanya..terima kasih dok.

    • Baik sebelumnya saya ucapkan terimakasih. hemoglobin rendah biasa dikaitkan dengan gangguan kesehatan lainnya. Terkait angka 11.3 tsb, skali lagi perusahaan/vendor mcu memiliki rujukan masing2 untuk merekomendasikan calon pegawai. Saran saya, perbanyak berdoa, semoga rejekinya di situ sehingga semua dimudahkan.

      • amin..kalau masalah bilirubin dan MCV-MCH yang nilainya sedikit di atas/bawah normal, bagaimana analisa nya apakah bisa membuat gagal mcu? apakah sifatnya serius..krn sejauh ini kondisi fisik saya baik baik saja dan hampir tidak pernah dirawat ke rumah sakit. terima kasih dok

      • Saya luruskan dulu ya pak, saya bukan dokter hehe. Hanya pengen share pengalaman saja yang mencakup sebatas tes kesehatan dalam seleksi kerja. Untuk lebih detail sungguh diluar kapasitas saya.

  28. Biasanya penyakit hati yang bisa menggagalkan seseorang lolos mcu itu apa pak? Apakah hanya diukur dari nilau Bilirubin Total, Bilirubin Direct, Bilirubin indirect, SGOT, SGPT, dan gamma GT? terima kasih balasannya

    • Faktor utama yang bisa menggagalkan seperti HBsAg positif, nilai SGOT SGPT tinggi ( >= 2kali nilai normal), atau apabila sudah kategori hepatitis akut SGOT SGPTnya bisa 20-50 kali lebih tinggi dari normal. Apabila anda bebas dari infeksi hepatitis A,B,C maka 75% aman. Karena dari sekian resiko tinggi penyakit hati disebabkan oleh virus tersebut dimana masih kecil kemungkinannya untuk disembuhkan

      • Baik.. terima kasih pak..kalau kenaikan nilai billirubin bukan indikasi penyakit hati yang serius Pak? posisi Bapak apakah sebagai analis perekrutan perusahaan? Terima kasih

      • Hehe sebelumnya saya disangka dokter, saya hanya orang biasa yang memiliki sedikit pengalaman mengenai rekrutmen khususnya MCU yang memang concern saya hanya disitu. billirubin tidak bisa secara langsung mengindikasikan adanya gangguan masalah liver, namun lebih pada dampak dari “sesuatu” yang terjadi pada liver. Apabila nilainya tidak jauh dari rujukan/tidak ektrim, masih aman. Namun unntuk agenda jk panjangnya, lakukan sesuatu pada kelemahan tsb bukan semata untuk keperluan tes MCU, tp untuk kebaikkan diri anda sendiri dan keluarga di masa mendatang. Siapa yg peduli kualitas kehidupan ini kl bukan kita sendiri. Salam

  29. Selamat siang pak..Nama saya Faizul..Sy mau tanya, sy menderita anemia riingan, juga nilai hematokrit, MCV, MCH di bawah normal, tp tidak ekstrim..Apakah kira kira masih bisa lolos jika mendaftar BUMN?

    • Selamat siang pak..Nama saya Faizul..Sy mau tanya, sy menderita anemia riingan, juga nilai hematokrit, MCV, MCH di bawah normal, tp tidak ekstrim..Apakah kira kira masih bisa lolos jika mendaftar BUMN?

    • Kalau hanya begitu masih besar kemungkinan untuk lolos, kecuali ada kekurangan lain. Perbanyak minum jus buah dan sayur 2mingguan menjelang tes. daging kambing, telur, susu murni, kedelai, kacan2an, zat besi yg banyak sblm tes

  30. hehehe..iya, sudah saya coba Pak..tetapi setiap saya cek darah ulang, nilai Hemoglobin, hematokrit, MCV, MCH di bawah normal, tp tidak ekstrim..Apakah kira kira masih bisa lolos jika mendaftar BUMN? Biasanya yang menentukan kita lolos atau tidak itu manager, team dokter perusahaan atau rumah sakit penyelenggara MCU? apa hal yang membuat kita dinyatakan unfit?

    • Baik, saya ambil contoh adalah perusahaan minyak nasional. Perusahaan tersebut khusus untuk MCUnya menggunakan jasa pr*dia dimana alokasi dana untuk MCU adalah 2,5jt per kandidat. Dalam tes MCU tersebut, sebagian tes dipegang oleh pihak pr*dia dan sebagian yang lain oleh tim dokter internal dari perusahaan minyak tersebut. Kemudian hasil MCU secara keseluruhan dianalisa dan dirangkum disertai rekomendasi oleh tim pr*dia sbg filter awal yang kemudian dikaji kembali oleh tim dokter internal. Tim dokter internal inilah yang memegang privilege utama, walaupun keputusan final adalah divisi SDM yang memang pemilik hajat rekrutmen. Vendor memberikan info selengkap2nya kpd tim dokter perusahaan, tim dokter merekomendasikan kepada tim SDM. Untuk perusahaan lain relatif sama, atau alurnya lebih singkat bila tidak memiliki tim dokter internal. Manajer SDM mah cuma nerima mateng. Seorang dinyatakan unfit apabila memiliki resiko tinggi terkait kesehatan yang bisa menyebabkan kinerja karyawan tsb tidak optimal, sering tidak masuk krn sakit, belum lagi benefit seperti asuransi kesehatan yang menghendaki karyawan sehat sebelum mereka mau meng-cover jaminan tsb. Cukup logis apabila MCU inilah tahapan tes yang menurut saya paling sadis untuk menghentikan langkah para kandidat. Salam sukses

      • Terima kasih balasannya Pak.. Saya mau tanya, benefit seperti asuransi kesehatan yang menghendaki karyawan sehat sebelum mereka mau meng-cover jaminan tsb, jika kasusnya adalah Hemoglobin, hematokrit, MCV, MCH di bawah normal, tp tidak ekstrim, atau bilirubin yang nilainya sedikit di atas/bawah normal, apakah asuransi kesehatan mau menerima? Nilai SGOT, SGPT normal. Terima kasih

  31. Halo mas.

    wah, informasinya menarik sekali.
    Begini mas, sekitar 3 minggu lalu saya melakukan MCU di salah satu BUMN. nah ada beberapa kendala di antaranya

    1. Masalah gigi dan mulut –> Gigi berlubang
    2. Saya divonis buta warna parsial hijau
    3. Ada gejala Hemmoroid atau ambeien grade paling rendah –> ga parah-parah banget
    4. untuk audiometri sendiri di frekuensi percakapan normal, namun ada peningkatan di frekuensi sekitar 4000 Hz

    untuk hasil lab dll alhamdulillah normal.

    Kira-kira chance untuk di terima nya gimana ya mas?

    *saya melamar posisi di kantor pas bukan di lapangan.

  32. Terima kasih balasannya Pak.. Saya mau tanya, benefit seperti asuransi kesehatan yang menghendaki karyawan sehat sebelum mereka mau meng-cover jaminan tsb, jika kasusnya adalah Hemoglobin, hematokrit, MCV, MCH di bawah normal, tp tidak ekstrim, atau bilirubin yang nilainya sedikit di atas/bawah normal, apakah asuransi kesehatan mau menerima? Nilai SGOT, SGPT normal. Terima kasih

  1. Ping-balik: Tips sukses wawancara/interview kerja | Provino

  2. Ping-balik: Tes Bank BRI (Persero) CS Teller | Provino

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: