INTEL HD: Cara memaksimalkan kinerja intel HD GPU Haswell (Real Experience)

Cara memaksimalkan kinerja intel HD iGPU Haswell

Intel HD Graphic, intel hd, intel gpu, intel igpu Sebelumnya saya mau konfirmasi dahulu, bahwa artikel mengenai integrated GPU Intel Haswel ini adalah murni postingan tangan saya sendiri, yang didasarkan pada pengalaman pribadi saya.

Beberapa hari yang lalu saya melakukan upgrade sistem dari platform intel gen 3 ivy bridge, menjadi intel 4th Haswell. Teknologi haswell ini sendiri dapat disandingkan dengan beberapa intel chipset seri 8 dan 9 (seri 9 mendukung hingga intel gen 5th broadwell yang akan dirilis 2015 nanti).

Suatu hal yang wajar apabila digenerasi keempat ini intel menyematkan fitur2 dan teknologi baru yang lebih canggih, meskipun tetap menggunakan fabrikasi 22nm seperti ivy bridge. Salah satunya adalah dengan membekali generasi haswell ini dengan integrated GPU (intel HD) yang jauh lebih baik dan lebih efisien. Lini awal intel HD haswell yakni iGPU terendah pada celeron dan pentium haswell mampu menggulung telak intel HD kelas tertinggi milik sandy bridge (intel gen 2nd). Berikut spesifikasi lengkap intel HD antar generasi KLIK

Adapun cara meningkatkan/memaksimalkan intel HD pada haswell ini sbb:

1. Seperti biasa, installah driver versi terupdate dari jenis intel HD yang anda pakai. Dapat ditemukan disini

2. Masuk BIOS, carilah bagian shared memory, dan maksimalkan nilainya. Sayangnya pada chipset seri 8 dan 9 ini shared memory pada hampir semua motherboard hanya dibatasi sampai 512mb saja, tidak seperti ivy vridge chipset z77 atau H77 yang shared memory bisa sampai 1GB.

3. Setelah kamu instal driver terbarunya, maka lakukan pengaturan. Klik kanan di desktop, graphic properties di klik. Pilih opsi 3D, checklist “performance”, SAVE

4. Setelah itu settinglah power plan anda, bisa disearch di menu start, ketikkan ‘power option’, klik aja, settinglah di high perfromance, kemudian exit. Namun bagi pengguna laptop atau mobile tidak disarankan menggunakan fitur ini, demi hemat power baterai.

5. Cara kelima ini jangan dilakukan jika anda belum paham mengenai OC. Segala resiko yang terjadi akibat langkah kelima ini anda tanggung sendiri ya hehehe. Tidak seperti intel HD intel HD generasi sebelumnya, intel HD Haswell ini sangat mudah untuk ditingkatkan clock speed nya tanpa menambahkan voltase sama sekali. Voltase defaultnya adalah 1.0v pada clock speed sekitar 1100Mhz, tingkatkan saja melalui BIOS di menu clock iGPU menjadi sekitar 1350Mhz TANPA MENAMBAHKAN VOTASE. Apabila di clock segitu, aplikasi sering crash atau clock kembali ke default maka bisa dipastikan voltasenya kurang memadai untuk mendukung gpu tersebut berjalan di 1350, anda bisa tingkatkan sedikit voltasenya, asal tidak lebih dari 1.25v, masih sangat aman. Sembari dilihat peningkatan suhu die CPU nya, apabila masih rentang 38c – 45c berarti aman. Untuk reliabilitas dan durabilitas settingan tersebut bisa anda tes dengan 3dmark11 dan sejenisnya…hadooooh malah jadi ngajarin OC, dasar racun..hehe.

Begitulah cara sederhana tanpa banyak biaya tambahan untuk meningkatkan kinerja intel hd haswell (yang langkah kelima bukan sederhana ya hehehe). FYI intel HD Haswell family yaitu yang kelas terendah saja bisa memainkan game sekelas need for speed rivals, euro truck simulation dengan lancar jaya meski setting medium, apalagi seri2 yang lebih tinggi seperti intel HD 4200 4600 atau bahkan intel Iris yang sekarang baru populer dikalangan laptop kemungkinan menjamah di desktop nanti saat broadwell datang.

Salam IT

kalau platform anda gen 3 ivy bridge, NIH CARA TINGKATIN INTEL HD nya

About nopir

Jihad itu dapat bidadari, Bib

Posted on November 18, 2014, in LIFESHARE, SHAREWARE and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

Tinggalkan komentar